Sejarah Lengkap Wali Songo + Biografi dan Gelar

Sebagaimana kita ketahui, bahwa dalam penyebaran dan pengyiaran agama Islam di tanah Jawa pada zaman dahulu dipelopori oleh para mubaligh Islam yang lebih dikenal dengan sebutan atau gelar “Wali”. Adapun para wali ini jumlahnya ada sembilan yang dianggap merupakan kepala kelompok dari sejumlah besar mubaligh-mubaligh Islam yang bertugas mengadakan operasi di daerah-daerah yang belum memeluk agama Islam.
Mengenai nama-nama dari para Wali Sanga yang umumnya dikenal di kalangan masyarakat sekarang ialah terdiri dari:
  1. Maulana Malik Ibrahim
  2. Sunan Ampel
  3. Sunan Bonang
  4. Sunan Giri
  5. Sunan Drajat
  6. Sunan Kalijaga
  7. Sunan Kudus
  8. Sunan Muria, dan
  9. Sunan Gunung Jati
Adapun yang mengatakan, bahwa Sunan Tembayat, Sunan Prawoto, Sunan Ngudung, Sunan Geseng, Sunan Benang, Sunan Mojoagung, Syekh Siti Jenar, Syekh Syubakir, Maulana Ishak dll. Itu juga termasuk anggota dari kesembilan wali di tanah Jawa. Akan tetapi yang terpopuler serta dikenal oleh khalayak ramai atau masyarakat umum ialah apa yang saya sebutkan diatas.

Mengenai daftar nama-nama dari anggota Wali Sanga ini para ahli sejarah sebetulnya masih berselisih paham, dan belum ada kesatuan pendapat. Akan tetapi oleh karena maksud kita di sini bukanlah hendak menitik beratkan kepada nama-nama ataupun silsilah-silsilah mereka, melainkan kita disini lebih mengutamakan isi perjuangan dari para Wali Sanga tersebut.

Oleh sebab itu mengenai nama-nama dari tiap pribadi Wali Sanga serta silsilahnya pada kesempatan ini tidak akan kita bahas secara mendalam.

Maka dari itu, disini kita akan bahas satu-persatu kisah sejarah lengkapnya dari para kesembilan wali yang terkenal itu. Dan kita mulai dari:
  • Awal Berdirinya Masjid Agung Demak - Boleh dikata bahwa sejarah dari berdirinya masjid Agung di Demak merupakan suatu hubungan rapat dengan berdirinya satu kerajaan. Sebab sudah merupakan tradisi bagi umat Islam, semenjak zaman Nabi Muhammad SAW, bahwa berdirinya negara Islam adalah ...selengkapnya!!!

0 Response to "Sejarah Lengkap Wali Songo + Biografi dan Gelar"

Posting Komentar

Selamat datang dan Semoga bermanfaat !!!